blog islami yang berisi bacaan doa sehari-hari, seperti doa selamat dan tolak bala, doa setelah sholat fardhu, doa sholat tahajud, doa sholat duha, doa qunut witir di bulan ramadhan, doa qunut subuh, dll. Selain itu terdapat juga bacaan dzikir dan doa di bulan ramadhan, niat puasa ramadhan, niat puasa sunnah rajab, sya'ban, dzulhijjah, syawwal, dll. Materi khutbah jumat, khutbah idul fitri, khutbah Idul Adha, khutbah bahasa sunda, pembukaan khutbah, pembukaan pidato, sejarah tokoh dan kyai

Bacaan Sholawat Allahul Kafi Lengkap Arab, Latin, dan Terjemah Bahasa Indonesia

Bacaan Sholawat Allahul Kafi bagi pencinta sholawat tentu tidak akan asing untuk didengarkan maupun dibacakan. Sholawat Allahul Kafi ini berisi ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita. Habib Umar Muthohar dalam tausiahnya mengatakan bahwa, selain memiliki keistimewaan rasa syukur hamba kepada Allah, Sholawat Allahul Kafi juga bisa menjadi wasilah penolong, penolak bala atau pembuang kejahatan. 
Sholawat Allahul Kafi sejatinya adalah bagian dari doa/dzikir yang oleh Gus Mus disebut sebagai Hizib Autad-nya Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani. Gus Mus, sapaan KH Musthafa Bisri, membagikan hijib ini di akun instagram miliknya beberapa waktu silam. Dalam postingannya, beliau mengungkapkan bahwa hizib autad Syekh Abdul Qadir Al-Jailani yang beliau bagikan sebagai pengganti Hizib Bahr-nya Syeikh Abul Hasan Asy-Syadzili yang tidak jadi ia bagikan karena soal teknis. Gus Mus menambahkan ijazah dari Syekh Jalaluddin As-Suyuthi, yaitu:
سَلَامٌ قَوْلًا مِنْ رَبٍّ رَحِيمٍ 
Salãmun qaulan min Rabbin Rahiim.
(Kepada mereka dikatakan), “Salam,” sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang.

Bacaan tersebut dapat kita temukan dala surat yasin ayat 58. Dalam keterangannya, beliau menambahkan bahwa do'a tersebut untuk membentengi diri dari wabah dan hendaknya dibaca sebanyak 280x. 
 
Bacaan Sholawat Allahul Kafi, lengkap Arab, Latin, hingga terjemahan menggunakan Bahasa Indonesia dalah sbb:

اَللهُ الْكَافِى رَبُّنَا الْكَافِى 
Allahul kaafii rabbunal kaafi 
Allah dzat yang mencukupi, Tuhan kita adalah Allah yang mencukupi. 
 قَصَدْنَا الْكَافِى وَجَدْنَا الْكَافِى 
 Qashadnal kaafi wajadnal kaafi 
Tujuan kita adalah Allah yang mencukupi dan kita menemukan yang mencukupi.
 لِكُلٍّ كَافِى كَفَانَا الْكَافِى 
 Likullin kaafi kafaa nal kaafi 
Terhadap sesuatu Allah yang mencukupi, yang memenuhi segala kebutuhan kita adalah Allah.
 وَنِعْمَ الْكَافِى اَلحَمْدُ لِلهِ 
 Wa ni’mal kaafi Alhamdulillah 
Dan Allah itu sebaik-baiknya dzat yang mencukupi, segala puji bagi Allah.


Sedangkan bacaan lengkap solawat allahul kaafi lengkap hijib autad syekh Abdul Qadir Jailani yang dibagikan oleh Gus Mus adalah sbb:

    اَللهُ الْكَافِى رَبُّنَا الْكَافِى قَصَدْنَا الْكَافِى وَجَدْنَا الْكَافِى لِكُلٍّ كَافِى كَفَانَا الْكَافِى  وَنِعْمَ الْكَافِى اَلحَمْدُ لِلهِ حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَصِيْرُ وَكَفَى اللهُ المُؤمِنِيْنَ القِتَالَ آمِيْن آمِيْن آمِيْن آمِيْن  آمِيْن يااللّٰه رَبَّ العَالَمِيْنَ 

Allahul kaafii rabbunal kaafi Qashadnal kaafi wajadnal kaafi Likullin kaafi kafaa nal kaafi Wa ni’mal kaafi Alhamdulillah Hasbunallah wa ni'mal wakiil Ni'mal maulaa wa ni'man nashiir Wa kafallahul mukminiinal qitaal Aamiin (5X) Yaa Robbal ‘Alamiin.

Allah dzat yang mencukupi. Tujuan kita adalah Allah yang mencukupi dan kita menemukan yang mencukupi. Terhadap sesuatu Allah yang mencukupi, yang memenuhi segala kebutuhan kita adalah Allah. Dan Allah itu sebaik-baiknya dzat yang mencukupi, segala puji bagi Allah. Cukuplah Allah penolong kami, dan Allah adalah sebaik-baik pelindung Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Cukuplah Allah (yang menolong) menghindarkan orang-orang mukmin dalam peperangan. Kabulkanlah do'a kami, Wahai Tuhan Semesta Alam.

Bacaan Hasbunallah wa ni'mal wakiil dapat kita temukan dalam Al-Qur'an surat Ali Imran ayat 173. Dan ayat Ni'mal maulaa wa ni'man nashiir terdapat dalam quran surat Al Anfal ayat 40. Sedangkan kalimat Wa kafallahul mukminiinal qitaal terdapat dalam surat al ahzab ayat 25. 
Itulah bacaan sholawat allahul kafi lengkap dengan hizib autad Syekh Abdul Qadir Al jailani yang dibagikan oleh Gus Mus. Selain sebagai ucapan rasa syukur kita kepada Allah, Semoga dengan mengamalkan amalan do'a dan dzikir serta sholawat Allahul Kafi kita senantiasa diberikan kecukupan oleh Allah SWT, diberi pertolongan, dan dijauhkan dari wabah, marabahaya dan segala bentuk kejahatan. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar