blog islami yang berisi bacaan doa sehari-hari, seperti doa selamat dan tolak bala, doa setelah sholat fardhu, doa sholat tahajud, doa sholat duha, doa qunut witir di bulan ramadhan, doa qunut subuh, dll. Selain itu terdapat juga bacaan dzikir dan doa di bulan ramadhan, niat puasa ramadhan, niat puasa sunnah rajab, sya'ban, dzulhijjah, syawwal, dll. Materi khutbah jumat, khutbah idul fitri, khutbah Idul Adha, khutbah bahasa sunda, pembukaan khutbah, pembukaan pidato, sejarah tokoh dan kyai

Bacaan Sholawat Thibbil Qulub Lengkap Arab, Latin, dan Terjemah.

Membaca Sholawat Thibbil Qulub mempunyai beberapa manfaat. Selain bacaan sholawat nabi, terdapat do'a untuk kesembuhan dari penyakit. Baik penyakit hati maupun penyakit jasmani. Dengan membaca sholawat tibbil qulub, kita berharap agar Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan kepada kita dari bermacam-macam penyakit, menjadikan beban pikiran semakin ringan, menyembuhkan dan mengobati hati dari sifat tercela dan kegundahan, serta memberikan cahaya dan sinar bagi mata hati, dll.

Sholawat Tibbil Qulub Lirik - Shalawat Nabi Sebagai Obat Hati dan Jasmani


Sholawat tibbil qulub memiliki arti obat/penyembuh hati. Dikenal juga dengan nama sholawat syifa yang berarti kesembuhan atau sholawat syifa thibbil qulub. Selain itu, shalawat ini dikenal juga dengan nama sholawat nuril abshor yang berarti cahaya mata hati. Sholawatan ini merupakan shalawat Thibbiyah yang terkenal dan memiliki sebagai penawar atau obat. Karena dalam bacaan tersebut terdapat kandungan tawasul kepada Junjungan Nabi Besar Muhammad SAW dan do'a kepada Allah SWT. 

Seperti dijelaskan dimuka, dengan sholawat syifa atau thibbil qulub kita berdo'a kepada Allah dengan bertawasul kepada baginda rasulullah saw. Kita berharap, dengan wasilah sholawat ini, Allah SWT berkenan mengobati dan menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada dalam diri kita dan disekitar kita, baik penyakit dhohir atau badaniyah maupun batin atau hati. Berikut teks sholawat tibbil qulub lengkap dengan teks arab, latin dan terjemah bahasa indonesia.

Bacaan Sholawat Thibbil Qulub Lengkap Arab, Latin dan Terjemah Bahasa Indonesia.


اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.

“Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

Manfaat Sholawat Tibbil Qulub dan Cara Membacanya


Mengenai faedah shalawat Tibbil Qulub, secara umum dijelaskan dalam kumpulan dzikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah:

 صلوات طب القلوب منيكا مجرب كاغكى أنجاكي كصحاتان بدان لن دادوس تومبا سدايا فياكيت ظاهر أتاوي باطن 

 “Shalawat Tibbil Qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin” (KH Muhammad bin Abdullah Faqih, Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah, hal. 47) 

Faedah di atas berlaku bagi orang yang membaca shalawat Tibbil Qulub dengan kaifiyah (cara membaca) yang umum. Sehingga orang yang istiqamah membaca shalawat Tibbil Qulub ini dalam bilangan berapa pun, akan diberikan kesehatan lahir dan batin serta akan disembuhkan dari berbagai penyakit atas seizin Allah. Sedangkan kaifiyah membaca shalawat tibbil qulub secara khusus, umumnya cenderung berbeda-beda sesuai dengan ijazah dari kiai atau ulama yang mengijazahkan bacaan shalawat ini, agar dibaca dalam bilangan tertentu. 

Salah satu kaifiyah khusus dalam membaca shalawat tibbil qulub ini, seperti yang dijelaskan dalam kitab Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini berikut:

 إنها صيغة الطب الظاهر والباطن تقرأ ألفين على أي مرض وقيل أربعمائة فيشفى بإذن الله 

 “Shalawat ini merupakan lafal shalawat penyembuh lahir dan batin. Dibaca 2000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit. Dan menurut sebagian pendapat dibaca sebanyak 400 kali, maka penyakit tersebut akan sembuh atas seizin Allah” (Syekh Yusuf bin Ismail, Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini, Cet. Darul Kutub al-‘Ilmiyyah, hal. 26) 

Itulah sholawat syifa atau sholawat thibbil qulub lengkap arab, latin dan terjemah serta manfaat membacanya. Semoga kita dapat istiqamah membaca shalawat tibbil qulub dengan menghayati maknanya, agar diberikan kenikmatan berupa kesehatan jasmani dan ruhani, serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan yang utama, dengan membaca sholawat nabi semoga kita mendapat syafaat di akhirat kelak dan dapat bertemu dengan baginda Rasulullah SAW. Amin ya rabbal ‘alamin.

Sumber: https://islam.nu.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar