blog islami yang berisi bacaan doa sehari-hari, seperti doa selamat dan tolak bala, doa setelah sholat fardhu, doa sholat tahajud, doa sholat duha, doa qunut witir di bulan ramadhan, doa qunut subuh, dll. Selain itu terdapat juga bacaan dzikir dan doa di bulan ramadhan, niat puasa ramadhan, niat puasa sunnah rajab, sya'ban, dzulhijjah, syawwal, dll. Materi khutbah jumat, khutbah idul fitri, khutbah Idul Adha, khutbah bahasa sunda, pembukaan khutbah, pembukaan pidato, sejarah tokoh dan kyai

Dzikir dan Doa Arafah 2023

 

Dzikir dan Doa di Hari Arafah Sesuai Sunnah

Dzikir dan doa di hari arafah sesuai sunnah dari upload terbaru channel mediumislam adalah berdasarkan keterangan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Malik berikut:

Rasulullah SAW bersabda:

 خير الدعاء دعاء يوم عرفة، وأفضل ما قلته أنا والنبيون من قبلي : لاَ إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ
, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. رواه الإمام مالك 

Artinya: "Sebaik-baik do'a adalah do'a pada Hari Arafah. Dan sebaik-baik perkataan yang aku ucapkan begitu juga Para Nabi sebelumku adalah: Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahu Laa Syariika Lahu, Lahul Mulku Wa Lahul Hamdu Yuhyii Wa Yumiitu Wa Huwa 'Alaa Kulli Syai'in Qodiir (Tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu baginya. Kerajaan dan pujian hanyalah miliknya. Maha menghidupkan dan mewafatkan. Dan Dia berkuasa atas segalanya)". (HR. Imam Malik) 

Dzikir dan Doa Arafah Arab, Latin dan Artinya


Dzikir Hari Arafah tersebut baik dibaca oleh jamaah haji ataupun umat islam pada umumnya. Sehingga, saat hari arafah kita disunnahkan membaca dzikir berikut:

 لاَ إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ
 يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

La Ilaha Illallohu Wahdahu Laa Syariika Lahu, Lahul Mulku Wa Lahul Hamdu
Yuhyi Wa Yumiitu Wa Huwa 'Alaa Kulli Syai'in Qodiir 

Artinya: Tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu baginya. Kerajaan dan pujian hanyalah miliknya. Maha menghidupkan dan mewafatkan. Dan Dia berkuasa atas segalanya)

Adapun doa yang sering dipanjatkan Nabi SAW pada Hari Arafah adalah :

 اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ كَالَّذِيْ نَقُوْلُ, وَخَيْراً مِمَّا نَقُوْلُ
 اَللَّهُمَّ لَكَ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ وَإِلَيْكَ مَآبِيْ وَلَكَ رَبِّيْ تُرَاثِيْ
 اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَوَسْوَسَةِ الصَّدْرِ وَشَتَّاتِ الْأَمْرِ
 اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَجِئُ بِهِ الرِّيْحُ 


Allohuma lakal hamdu, kaladzi naqulu, wakhoiron mima naqulu. Allohuma laka sholati, wanusuki wamahyaya, wamamati. Wa-ilaika ma-abi walaka robbi turotsi. Allohuma ini a-‘uzubika min ‘azabil qobri, wa was-wasatis sodri, wasyatatil-amri. Allohuma ini a’uzubika min syari ma taji-u bihir rih.

Artinya: "Ya Allah segala puji hanyalah milikMu sebagaimana kami ucapkan dan bahkan lebih baik dari pada apa yang kami ucapkan. Ya Allah, hanyalah untuk-Mu Shalat, ibadah, hidup dan matiku. Hanyalah kepada-Mu tempat kembaliku. Hanyalah milik-Mu segala peninggalanku. Ya Allah, sungguh aku berlindung padaMu dari siksa kubur, gangguan dalam hati dan berantakannya urusan. Ya Allah, sungguh aku berlindung pada-Mu dari keburukan yang datang bersama angin". 
(Sumber: Kitab Kanzun Najah Was Surur-Syekh Abdul Hamid Al-Makki, Hal 285-286)

 Syekh Abdul Hamid Al-Makki, dengan mengutip hadits Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam:

 لَآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ عَدَدَ الدُّهُوْرِ، لَآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ عَدَدَ أَمْوَاجِ الْبُحُوْرِ
 لَآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ عَدَدَ النَّبَاتِ وَالشَّجَرِ، لَآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ عَدَدَ الْقَطْرِ وَالْمَطَرِ
 لَآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ عَدَدَ لَمْحِ الْعُيُوْنِ، لَآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُوْنَ
 لَآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ مِنْ يَوْمِنَا هَذَا إِلَى يَوْمِ يُنْفَخُ فِي الصُّوْرِ 

Lâ-ilâha illallâhu ‘adadad duhûr, lâ-ilâha illallâhu ‘adada amwâjil buhûr, lâ-ilâha illallâhu ‘adadan nabâti was sajar, lâ-ilâha illallâhu ‘adadal qathri wal mathâr, lâ-ilâha illallâhu ‘adada lamhil ‘uyûni, lâ-ilâha illallâhu khairum mimma yajma’ûn, lâ-ilâha illallâhu min yaumina hâdzâ ilâ yaumi yunfakhu fis sûr. 

 Artinya, “Tiada Tuhan selain Allah sepanjang hitungan masa, tiada Tuhan selain Allah sebanyak ombak di lautan, tiada Tuhan selain Allah sebanyak tumbuhan dan pepohonan, tiada Tuhan selain Allah sebanyak rintik-rintik hujan, tiada Tuhan selain Allah sebanyak kedipan matan, tiada Tuhan selain Allah lebih baik dari segala apa yang mereka kumpulkan, tiada Tuhan selain Allah sejak hari ini hingga ditiupnya sangkakala.” Syekh Abdul Hamid mengatakan, siapa saja membaca dzikir di atas sebanyak 10 kali setiap hari selama 10 hari awal Dzulhijah, maka akan diampuni semua dosanya yang telah berlalu dan yang akan datang. (Abdul Hamid Al-Makki, Kanzun Najâh was Surûr, halaman 280)

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً
وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 Rabbanaa, atinaa fiddunyaa hasanah, 

wa fil akhirati hasanah, wa qinaa 'adzāban naar

Rabbanaa, atinaa fiddunyaa hasanah, 

wa fil akhirati hasanah, wa qinaa 'adzāban naar


Berikut bacaan doa yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Abu Bakar. 

 اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظَلَمْتُ كَثِيْرًا وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

 Allohumma inni dhalamtu nafsii dhulman katsiiraw wa laa yaghffirudh dhunuba illâ anta faghfir lii maghfiratan min ‘indika warhamnii innaka anta al-ghafurur rahiim. 

Ya Allah, sungguh aku menzalimi diriku sendiri dengan kezaliman yang sangat besar dan banyak, dan tidak ada yang mampu memberikan pengampunan kecuali Engkau. oleh karenanya ampunilah diriku dengan pengampunan dariMu dan rahmatilah aku, sungguh Engkau Maha Pengampun dan Maha Pengasih.

 اللهم اغفرْ لي مغفرةً تُصلحُ بها شأني في الدّارينِ، وارحمني رحمةً أسعدُ بها في الدّارينِ، وتُبْ عليَّ توبةً نَصُوحًا لا أنكُثُها أبدًا، وألزِمْني سبيلَ الاستقامةَ لا أزيغُ عنها أبدًا 

 Allahummaghfirlii maghfiratan tuslihu bihaa sya’nii fid daarain. Warhamni rahmatan as’adu bihaa fid daarain. Wa tub alayya taubatan nasuuhan laa ankutsuhaa abadan. Wa alzimnii sabilal istiqamati la aziighu anhaa abadan. 

 Ya Allah ampunilah aku yang dengan ampunanmu dapat memperbaiki diriku di dunia dan akhirat. Limpahilah aku kasih sayang yang dapat memberikanku kebahagiaan di dunia dan akhirat, dan terimalah taubatku yang tulus yang tak akan pernah aku langgar lagi selamanya, serta tetapkanlah bagiku jalan yang lurus yang tak akan aku berpaling darinya. Amin 

 للهم انقلني من ذل المعصية إلى عز الطاعة، واغنني بحلالك عن حرامك وبطاعتك عن معصيتك و بفضلك عمن سواك، ونور قلبي وقبري، وأعذني من الشر كله، واجمع لي الخير، استودتعك ديني وأمانتي وقلبي وبدني وخواتيم عملي وجميع ما أنعمت به علي وعلى جميع أحبائي والمسلمين أجمعين.
Allāhummanqulnī min dzullil ma‘shiyati ilaa ‘izzit thaa‘ah, wa aghninii  bi halaalika ‘an haraamik, wa bi tha'atika 'an ma'shiyatika wa bifadhlika 'amman siwaaka. Wa nawwir qalbii wa qabrii. Wa a‘idznii minas syarri kullih. Wajma‘ liyal khayra kullahu. Istauda'tuka diinii wa amaanatii wa qalbii wa badanii wa khawaatima 'amalii wa jamii'a maa an'amta bihii 'alayya wa 'alaa jamii'i ahibbaa-i wal muslimiina ajma'iin

Artinya, “Ya Allah, pindahkan aku dari rendahnya kemaksiatan ke kemuliaan taat. Cukupilah aku dengan yang Engkau halalkan dari yang Engkau haramkan dan dengan mentaati-Mu dari berbuat maskiat kepada-Mu, dan dengan karunia-Mu dari selain-Mu. Terangilah hati dan kuburku. Lindungilah aku dari segala bentuk kejahatan dan kumpulkanlah segala kebaikan pada diriku. 
Aku titipkan kepada-Mu agamaku, amanahku, hatiku, badanku dan akhir penutup amalku serta segala apa yang telah engkau anugerahkan kepadaku, kepada semua orang-orang yang aku cintai dan seluruh umat islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar