blog islami yang berisi bacaan doa sehari-hari, seperti doa selamat dan tolak bala, doa setelah sholat fardhu, doa sholat tahajud, doa sholat duha, doa qunut witir di bulan ramadhan, doa qunut subuh, dll. Selain itu terdapat juga bacaan dzikir dan doa di bulan ramadhan, niat puasa ramadhan, niat puasa sunnah rajab, sya'ban, dzulhijjah, syawwal, dll. Materi khutbah jumat, khutbah idul fitri, khutbah Idul Adha, khutbah bahasa sunda, pembukaan khutbah, pembukaan pidato, sejarah tokoh dan kyai

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Bacaan doa untuk orang tua yang sudah meninggal dalam tulisan ini menggunakan dhamir 'huma" yang menunjukan kata ganti untuk dua orang. Sehingga selain sebagai doa untuk ayah dan ibu yang sudah meninggal, doa ini dapat ditujukan untuk dua orang almarhum. Doa untuk orang meninggal ini dapat dibaca setelah sholat dan saat ziarah kubur ke makam orang tua.

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia Arab


اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمَا وَارْحَمْهُمَا وَعَافِهِمَا وَاعْفُ عَنْهُمَا وَأَكْرِمْ نُزُوْلَهُمَا

 وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُمَا، وَاغْسِلْهُمَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِمَا

 مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ

 وَأَبْدِلْهُمَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِمَا، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِمَا

 وَأَدْخِلْهُمَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُمَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار

وَافْسَحْ لَهُمَا فِي قَبْرِهِمَا، ونَوِّرْ لَهُمَا فِيهِ

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia Latin dan Artinya

Arab-latin: Allōhummaghfìrlahumā war hamhumā wa 'aafìhìmā wa'fu anhumā, wa akrìm nuzūlahumā wawassì' madholahumā, waghsìlhumā bìl mā-ì watssaljì walbarodì, wa naqqìhìmā, mìnaddzzunūbì wal khothōya kamā yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.


Wabdìlhumā dāran khoìran mìn dārìhìmā wa zaujan khoìran mìn zaujìhìmā. Wa adkhìlhumal jannata wa aìdzhumā mìn adzābìl qobrì wa mìn adzābìnnārì wafsah lahumā fì qobrìhìmā wa nawwìr lahumā fìhì.


Artinya : "Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepada keduanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepada keduanya. Berikanlah kehormatan untuk keduanya, luaskanlah tempat masuk keduanya. Mandikanlah keduanya dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah keduanya dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran."

"Gantikanlah untuk keduanya rumah yang lebih baik dari rumahnya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Masukkanlah keduanya ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepada keduanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah bagi keduanya dalam kuburnya dan terangilah keduanya di dalamnya." (HR Muslim) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar