blog islami yang berisi bacaan doa sehari-hari, seperti doa selamat dan tolak bala, doa setelah sholat fardhu, doa sholat tahajud, doa sholat duha, doa qunut witir di bulan ramadhan, doa qunut subuh, dll. Selain itu terdapat juga bacaan dzikir dan doa di bulan ramadhan, niat puasa ramadhan, niat puasa sunnah rajab, sya'ban, dzulhijjah, syawwal, dll. Materi khutbah jumat, khutbah idul fitri, khutbah Idul Adha, khutbah bahasa sunda, pembukaan khutbah, pembukaan pidato, sejarah tokoh dan kyai

Khutbah Jum'at Singkat - Memilih Pemimpin

Khutbah Jum'at Singkat - Memilih Pemimpin

Khutbah jumat, memilih pemimpin

Khutbah I

الحمد لله الّذي هَدَانَا لهذا وماكُنّالِنَهْتَدِيَ لَوْلاَ أنْ هدانا اللهُ من يهد الله فلامضلّ له ومن يضلله فلاهادي له أشهد أن لاإله إلاّ الله وحده لاشريك له وأشهد أنّ سيَّدنا محمّدًا عبدُه ورسولُه لانبيَّ بعده صلاته وسلامه على سيّدنا محمّد وعلى أله وصحبه ومن والاه أمّا بعد : فياعباد الله أوصيكم ونفسي بتقوى الله فقد فاز المتّقون وتزوّدوا فإنّ خير الزّاد التّقوى قال الله تعلى فى القرأن الكريم  أعوذ بالله من الشّيطان الرّجيم: ياأيهاالّذين أمنوا أطيعواالله وأطيعواالرّسول وأولى الأمر منكم . (النساء : 59(

Hadirin sidang jum'ah Rahimakumullah
Syukur Alhamdulillah kita panjatkan ke hadirat Allah Swt. Yang telah memberikan kekuatan ,kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga kita dapat hadir kembali di tempat ini dalam rangka menunaikan salah satu kewajiban  kita kepada-Nya yakni sholat jum’ah. Sholawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW., keluarganya, sahabatnya dan orang-orang yang mengikutinya.

Hadirin kaum muslimin Rahimakumullah
Ulil amri atau pemerintah adalah orang–orang yang memegang kekuasaan untuk melaksanakan urusan  dan kemaslahatan umum, misalnya presiden, gubernur, bupati  dan sebagainya. Kita wajib mentaati mereka  meskipun  perintah yang dikeluarkan tidak menyenangkan kita , selama perintah itu untuk kepentingan umum dan tidak  bertentangan dengan  kitab Allah dan Sunnah rasulullah.  Sebagaimana hadits Nabi :

السَّمْعُ والطَّاعَةُ علَى المَرءِ المُسْلمِ فِيمَاأَحَبَّ وَكَرِهَ مَالَمْ يُؤْمَرْ بِمَعْصِيَةٍ فَإِذَاأَمَرَ بِمَعْصِيَةٍ فَلاَسَمْعَ ولَاَطَاعَةَ . رواه مسلم
Tunduk dan patuh wajib atas seorang muslim  dalam perkara yang disenangi atau dibenci, selama tidak diperintah dengan kemaksiatan. Apabila diperintah untuk melakukan kemaksiatan maka tidak diperkenankan untuk tunduk dan patuh.
Sebaliknya apabila kita menjadi pemimpin, maka harus betul-betul dalam mengemban amanahnya sebagai pemimpin. Bilamana seseorang telah diangkat sebagai pemimpin , berarti dia mengemban tanggung jawab  rakyatnya. Seorang pemimpin rumah tangga  bertanggung jawab terhadap anggota  keluarganya. Pemimpin negara bertanggung jawab terhadap semua rakyatnya. Khususnya pemimpin negara  dia bertanggung jawab  mewujudkan  suasana  bahagia yang benar-benar dapat dirasakan  oleh setiap  warga negaranya .

Untuk mewujudkan pemimpin yang adil yang patut diteladani oleh rakyatnya, maka yang pertama kali yang harus dilakukan oleh rakyat adalah dalam memilih pemimpinnya dan wakil-wakilnya, mereka  harus betul-betul objektif dalam memilih pemimpinnya termasuk wakil-wakilnya, karena yang diangkat pimpinan dan yang diangkat wakil, semuanya  merupakan  para pembantu rakyat yang akan meladeni rakyatnya. Maka untuk keperluan itu, pilihlah pemimpin, wakil-wakil  yang benar-benar diperkirakan mampu untuk menjadi pemimpin, mampu untuk menjadi wakil-wakil rakyat  dan betul-betul jujur  dan berkhlakul karimah. Karena dua syarat  itu yakni  kemampuan  dan kejujuran merupakan syarat pokok dalam memilih pemimpin, baik di lingkungan keluarga, perusahaan apalagi di sebuah  negara. Hal ini mengambil pelajaran dari dipilihnya Nabi Musa sebagai pekerja Nabi syueb yang akhirnya dinikahkanan kepada salah seorang pitrinya. Sebagaimana dikisahkan dalam Al-Qur’an :
قاَلَتْ اِحْدَاهُمَا يَاأَبَتِ اسْتَأْجِرْهُ إنّ خيرَ مَنِ استأجرتَ القويُ الأمينُ . ( القصص : 26(
Salah seorang dari kedua wanita itu berkata : “wahai ayah ambillah ia (Musa )  sebagai pekerja, karena sesungguhnya orang yang paling baik  yang kamu ambil sebagai pekerja  adalah orang  yang kuat  dan jujur.

Hadirin sidang jumáh rahimakumullah

Mudah-mudahan pimpinan kita yang telah atau akan kita pilih betul-betul pimpinan yang mampu memimpin rakyatnya dalam hal yang positif dan betul betul jujur dapat dipercaya supaya daerah kita menjadi daerah yang barokah baldatun toyyibatun warobbun ghofuur.

بارك الله لى ولكم

Khutbah II


الحمد لله الّذي هدانا لهذا وماكنّالنهتدي لولا أن هدانا الله من يهد الله فلامضلّ له ومن يضلله فلاهادي له  أشهد أن لاإله إلاّ الله وحده لاشريك له وأشهد أنّ محمّدا عبده ورسوله لانبيّ بعده , صلاته وسلامه على سيّدنا محمّد وعلى أله وصحبه ومن والاه أمّا بعد : فياعباد الله أوصيكم ونفسي بتقوى الله  فقد فاز المتّقون , وتزوّدوا فإنّ خير الزّاد التّقوى . أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ : إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ياَأَيُّهَاالَّذِيْنَ أَمَنُوْا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا .

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا دِيْنَنَا الَّذِيْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِنَا وَأَصْلِحْ لَنَا دُنْيَانَا الَّتِيْ فِيْهَا مَعَاشُنَا وَأَصْلِحْ لَنَا أَخِرَتَنَا الَّتِي إِلَيْهَا مَعَادُنَا وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لَنَا فِى كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلْ اْلمَوْتَ رَاحَةً لَنَا مِنْ كُلِّ شَرٍّ  رَبَّنَا أتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار .

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ  وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ  وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

Oleh H. Solahudin, M.SI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar