blog islami yang berisi bacaan doa sehari-hari, seperti doa selamat dan tolak bala, doa setelah sholat fardhu, doa sholat tahajud, doa sholat duha, doa qunut witir di bulan ramadhan, doa qunut subuh, dll. Selain itu terdapat juga bacaan dzikir dan doa di bulan ramadhan, niat puasa ramadhan, niat puasa sunnah rajab, sya'ban, dzulhijjah, syawwal, dll. Materi khutbah jumat, khutbah idul fitri, khutbah Idul Adha, khutbah bahasa sunda, pembukaan khutbah, pembukaan pidato, sejarah tokoh dan kyai

Khutbah Idul Fitri


Khutbah idul fitri, khutbah shalat ied, khutbah idul fitri bahasa indonesia

اَللهُ أَكْبَرُ 
X   9  اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً  لاَإِلهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ  لاَإِلهَ إِلاَّاللهُ وَلاَنَعْبُدُ إِلاَّ إِيّاَهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ  لاَإِلهَ إِلاَّاللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ  أَللهُ أَكْبَرُ وَِللهِ الْحَمْدُ .
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ جَعَلَ هَذَا اليومَ عِيْدًا لِلْمُسْلِمِيْنَ الصَائِمِيْنَ والصّلاة والسّلامُ عَلَى خير الأنبياء والمرسلين سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ الْمَبْعُوْثِ رَحْمَةً للعالمين وَعَلَى ألِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ  أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ المَلِكُ الحقُّ الْمُبِيْن وأشهدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَادِقُ الْوَعْدِ الأَمْيْنُ. أيّها الحاضرون إتّقواالله ربَّ العالمين فى كلّ وقتٍ وَحِيْنٍ تدخلوا جنّةَ ربِّكم بسلام أمنين - أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّى صدق الله العظيم
Hadirin sidang Idul Fitri yang mulia. Setelah sebulan lamanya, kita menjalankan ibadah puasa, menahan lapar, haus, lelah dan letih, malam kurang tidur, apalagi di malam hari raya, menahan ngantuk semalam suntuk karena dipacu untuk melaksanakan  berbagai macam  ibadah ritual seperti sholat, tarawih, witir dan tahajud, takbir , tahlil dan tahmid semalam suntuk dan di pagi hari ini, kita melaksanakan  gunting pita puasa  dengan solat hari raya Idul Fitri; Bahkan sebelumnya, kita telah mengeluarkan  zakat fitrah yang merupakan salah satu bentuk ibadah sosial.
Oleh karena itu, mari kita bersyukur kepada Allah atas kemenangan  kita memerangi hawa nafsu dan syetan  yang selamanya menggoda umat manusia agar melaksanakan maksiat dan meninggalkan  ta'at kepada Allah SWT. 
وَاللهُ يَدْعُوْ إِلَى دَارِ السَّلاَمِ
Sedangkan Allah menyerukan kamu menuju negeri yang aman  yaitu sorga darussalam, dengan cara melaksanakan ta'at dan menjauhi maksiat, mudah-mudahan amal ibadah yang telah kita laksanakan di bulan  Ramadhan diterima Allah, serta  mendapatkan rahmat, maghfirah dan ridha Allah  sehingga kita mendapat kebahagiaan  di akhirat nanti. Sesuai dengan firman Allah :
قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّى
Sungguh bahagia orang yang berfuasa  mensucikan dirinya dengan cara mengeluarkan zakat fitrah dan berdzikir kepada Allah  dengan membacakan kalimat takbir, tahlil dan tahmid  semalam suntuk  di malam hari raya kemudian keluar rumah menuju masjid  untuk melaksanakan sholat hari raya idul fitri, bahkan dilanjutkan dengan  acara mushafahah  dan silaturahmi  dengan kaum kerabat  terutama kepada kedua  ibu bapak, memohon maaf kepada keduanya  dan saling memaafkan dengan sesama manusia  terutama dengan tetangga terdekat.

اَللهُ أَكْبَرُ   اَللهُ أَكْبَرُ   اَللهُ أَكْبَرُ 
Hadirin sidang Idul Fitri yang mulia! Seperangkat  ibadah puasa, merupakan diklat fisik, mental dan spiritual  dengan sholat tarawih, baik gerakan cepat  maupun gerakan lambat  dengan bilangan rakaat yang banyak, mengandung unsur olah raga. Dengan menahan lapar dan dahaga  insyaalloh kita akan sehat, sebagaimana sabda Rasul صُومُوا تَصِحُّوا = berpuasalah kamu, dengan berpuasa kamu akan sehat.
- Dengan berpuasa Allah mendidik manusia agar memiliki mental yang handal agar memiliki jiwa yang sabar, sabar dalam melaksanakan taat, sabar menjauhi maksiat dan sabar menghadapi musibat. Rasul bersabda: مَنْ صَبَرَ غَفَرَ = barang siapa yang sabar tentu Allah memaafkanمَنْ صَبَرَ ظَفَرَ  = barangsiapa yang sabar, tentu dia beruntung. بِالصَّبْرِ نَالَ مَاتَمَنَّى = Dengan usaha dan sabar dia akan meraih cita-cita.

-Dengan makan sahur, Allah dan Rasul-Nya  mendidik dan melatih umat Islam agar membiasakan bangun malam, shalat malam  yaitu tahajud dan witir, di bulan Syawal s.d. bulan Sya'ban setiap malam. Adapun padilah shalat tahajud, sungguh sangat luar biasa. Di antaranya Rasulullah SAW. bersabda sbb. :
1. يَاأَيُّهَاالنَّاسُ أَفْشُواالسَّلاَمَ   2. وَصِلُوا الأَرْحَامَ   3.وَصَلُّوْا وَالنَّاسُ نِيَامٌ  4. تَدْخُلُوْا جَنَّةَ رَبِّكُمْ
Wahai sekalian manusia , masyhurkanlah ucapan salam, sambungkanlah tali persaudaran dan solatlah di tengah malam pada saat kebanyakan  umat manusia  tidur nyenyak, dengan demikian niscaya kamu  akan masuk sorga dengan selamat.

 اَللهُ أَكْبَرُ   اَللهُ أَكْبَرُ   اَللهُ أَكْبَرُ 
Hadirin sidang idul fitri yang berbahagia
Dengan membaca kalimat takbir  semalam suntuk  di malam hari raya  Allah dan Rasulnya  mendidik umat Islam agar pandai bersyukur atas segala nikmat  yang telah Allah berikan  dengan cara memuja  dan memuji  kepadanya, kapan saja, di mana saja  dan dalam keadaan bagaimana saja. 
Allah berfirman dalam surat Ibrohim ayat 7 bahwa Sesungguhnya jika kita bersyukur atas ni'mat yang telah Alloh berikan, niscaya akan Alloh tambahkan ni'mat yang lain yang belum Ia berikan  kepada kita, dan jika kita mengingkari nimat yang telah Ia berikan, ingatlah bahwa siksaan  yang pedih  akan menimpa kepada kita.
.
- Dengan kalimat takbir, Allah mendidik dan melatih umat Islam memiliki akidah, ibadah dan muamalah, bahwa tiada yang agung kecuali Allah. Mahluk yang dimuliakan Allah hanyalah orang-orang yang memiliki keimanan dan ketaqwaan. Sesuai dengan  firman Allah
إنَّ أكرمَكم عندَ الله أتقاكم 
 Sesungguhnya orang yang  paling mulia  di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling taqwa di antara kamu.

Kalimat takbir mendidik manusia agar tidak takabur, sombong atau egois, menentang hukum Allah dan menghina kepada orang lain . Nabi bersabda :
لاَيَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالُ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ مِنْ كِبْرٍ
Tidak akan masuk sorga orang yang di dalam hatinya terdapat sifat dari  sifat takabur  sebesar biji sawi pun .
-Dengan kalimat لاإله إلاّ الله   Allah mendidik manusia  agar bertauhid  kepada Allah terpelihara dari akidah syirik yang sesat dan menyesatkan.

- Dengan kalimat tahmid yaitu ولله الحمد  Allah mendidik agar manusia tidak gila akan pujian, karena yang berhak dipuji dalam arti hakiki hanyalah Allah.

اَللهُ أَكْبَرُ   اَللهُ أَكْبَرُ   اَللهُ أَكْبَرُ 
Hadirin sidang idul fitri yang berbahagia
Sesudah tamat berpuasa, Allah mewajibkan kita untuk membayar zakat fitrah yang berfungsi untuk mensucikan  jiwa dari noda dan dosa. Zakat fitrah disebut زكاة الرّأس  , yaitu zakat yang diwajibkan atas setiap umat Islam, sekalipun bayi yang baru lahir  kepalanya saja pada bulan puasa dan walaupun hidup lima menit / 10 menit pada bulan syawal (malam lebaran). Jadi wajibnya zakat fitrah bagi umat Islam  yang hidup  di bulan Ramadhan  dan menemukan sebagian bulan syawal  walaupun hanya sebentar saja serta memiliki kelebihan bekal  untuk sehari semalam  pada hari raya idul fitri.

- Pada hari idul fitri Allah memberikan amnesti/ampunan kepada umat Islam yantg berdosa  sebanyak orang yang diampuni  oleh Allah  pada malam qodar dan pada bulan puasa, setiap jam pada bulan Ramadhan  Allah mengampuni  sebanyak 600.000 orang. Pada malam Qodar Allah mengampuni sebanyak  orang yang diampuni  pada bulan ramadhan. Sedang di hari raya Idul Fitri  Allah memberikan ampunan  sebanyak orang yang diampuni  sebulan  Ramadhan dan malam Qodar .
Oleh karena itu marilah kita berdo'a mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang mendapat ampunan Allah SWT.
Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَاناً وَاحْتِسَاباً غُفِرَ لَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَاتَأَخَّرَ

Mudah-mudahan kita sekalian mendapatkan rahmat, maghfirah dan ridha Allah Swt. Amiin yaa Rabbal 'aalamiin.

اَللهُ أَكْبَرُ   اَللهُ أَكْبَرُ   اَللهُ أَكْبَرُ 
Hadirin sidang idul fitri yang berbahagia
Apabila kita tarik benang merah dari serangkaian  ibadah puasa dan zakat fitrah, kita berkesimpulan bahwa Allah mendidik dan melatih manusia agar memelihara hubungan yang baik dengan Allah  yang disebut حبلٌ مِنَ اللهِ  dan memelihara hubungan yang baik dengan sesama manusia yang kemudian disebut 
النّاس حبلٌ مِنَ 
Kehinaan (bencana alam, kefakiran, kemiskinan, penyakit, krisis moneter, perkelahian, tawuran masal atau peperangan, itu bisa terjadi dimana saja mereka berada, kecuali semuanya itu akan berhenti apabila umat manusia memelihara hubungan baik dengan sesama manusia dan menyayangi, menjaga serta memelihara alam sekitar, oleh karena itu melalui  khuthbah idul fitri ini, khotib mengajak kepada seluruh yang hadir berikut diri pribadi khotib marilah kita meningkatkan iman dan taqwa  kepada Allah sebagai حبلٌ مِنَ اللهِ dan memelihara kesatuan persatuan dan persaudaraan di antara sesama umat manusia khususnyaأُخُوَّة إسلاميّة  persaudaraan di antara sesama umat Islam yang disebut النّاس حبلٌ مِنَ dengan cara saling asah, asih dan asuh, saling memaafkan  atas segala kesalahan, peduli terhadap kaum du'afa, fakir dan miskin dan anak-anak yatim piatu dan peduli terhadap alam sekitar.
Sesuai dengan sabda Rasul :
اِرْحَمُوْا مَنْ فِى الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاءِ
Sayangilah makhluk hidup yang ada di bumi, tentu kamu disayangi oleh makhluk yang ada di langit (Malaikat ). Demikianlah khuthbah awal idul fitri ini mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.



Khuthbah II

اَللهُ أَكْبَرُ X   7  لاَإِلهَ إِلاَّاللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ  أَللهُ أَكْبَرُ وَِللهِ الْحَمْدُ . اَلْحَمْدُ ِللهِ على الإِنْعَامِ – والشكرُ له على الإِلْهَامِ - والصّلاة والسّلامُ عَلَى خيرِ الأَنامِ - وَعَلَى ألِهِ وَصَحْبِهِ الْكِرَامِ - أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ المَلِكُ الحَكَم - وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ العَرَبِ وَالْعَجَمِ . أَيُّهَا الحَاضِرُوْنَ وَيَاأَيُّهَا الْمُسْتَمِعُوْنَ الِكِرَامُ  اتّقواالله على الدَّوَامِ لعلّكم تدخلون جنّةَ ربّكم بِسَلاَمٍ - أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ -  قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّى إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ياَأَيُّهَاالَّذِيْنَ أَمَنُوْا صَلُّْوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا – اللهمّ صلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيْهِ أمين - .  اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ اَلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ يَاقاَضِيَ الحاَجَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبُ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ – اللهم لاَتَدَعْ لنا ذَنْبًا إلاّ غَفَرْتَهُ – ولاَهَمًّا إلاّ فَرَّجْتَهُ – وَلاَدَيْناً إلاّ قَضَيْتَهُ – ولاحَاجَةً مِنْ حوائِجِ الدّنيا والأخرةِ إلاّ قَضَيْتَهَا وَيَسَّرْتَهَا بِرَحْمَتِكَ ياأرحمَ الرّاحِمِيْنَ

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ ولذكر الله أكبر – والله يعلم ماتصنعون

Oleh : KH. Iin Solihin , Drs., M.SI
Pimpinan PonPes Riyadlu As-Shalihin Cihaur Cipakat Singaparna


Katib Syuriah Nu Kab. Tasikmalaya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar