blog islami yang berisi bacaan doa sehari-hari, seperti doa selamat dan tolak bala, doa setelah sholat fardhu, doa sholat tahajud, doa sholat duha, doa qunut witir di bulan ramadhan, doa qunut subuh, dll. Selain itu terdapat juga bacaan dzikir dan doa di bulan ramadhan, niat puasa ramadhan, niat puasa sunnah rajab, sya'ban, dzulhijjah, syawwal, dll. Materi khutbah jumat, khutbah idul fitri, khutbah Idul Adha, khutbah bahasa sunda, pembukaan khutbah, pembukaan pidato, sejarah tokoh dan kyai

Khutbah Jum'at Singkat - Taqwa Sebagai Polisi Batin

               
Khutbah jumah, khotbah jumat, taqwa sebagai polisi bathin
                      
     
  Oleh KH. Solahudin, M.SI

الحمد لله الّذي هدانا لهذا وماكنّالنهتدي لولا أن هدانا الله من يهد الله فلامضلّ له ومن يضلله فلاهادي له أشهد أن لاإله إلاّ الله وحده لاشريك له وأشهد أنّ سيّدنا محمّدا عبده ورسوله لانبيّ بعده صلاته وسلامه على سيّدنا محمّد وعلى أله وصحبه ومن والاه أمّا بعد : فياعباد الله أوصيكم ونفسي بتقوى الله فقد فاز المتّقون وتزوّدوا فإنّ خير الزّاد التّقوى قال الله تعلى فى القرأن الكريم  أعوذ بالله من الشّيطان الرّجيم : ولو أنّ أهل القرى أمنوا واتّقوا لفتحنا عليهم بركات من السماء والأرض ولكن كذّبوا فأخذناهم بماكانوا يكسبون .

Hadirin sidang jum'ah Rahimakumullah
Syukur Alhamdulillah kita panjatkan ke hadirat Allah Swt. Yang telah memberikan kekuatan, kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga kita dapat hadir kembali di tempat ini dalam rangka menunaikan salah satu kewajiban  kita kepada-Nya yakni sholat jum’ah. Sholawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad Saw., keluarganya, sahabatnya dan orang-orang yang mengikutinya.

Hadirin sidang jum'ah Rahimakumullah
Saya selaku khatib berwasiat agar kita senantiasa bertaqwa kepada Allah Swt. Karena taqwa merupakan bekal yang paling baik untuk kelak di akhirat. Hakikat taqwa adalah sikap batin  yang selamanya merasa diawasi oleh Allah Swt dalam keadaan apapun, baik sedang dalam keadaan sendirian maupun banyak orang; di masjid, di pasar, di kantor, sedang menjadi pejabat  atau menjadi rakyat biasa perasaannnya selalu merasa diawasi oleh Allah yang Maha Melihat atas perilaku hambanya. Implementasinya dari hal tersebut, orang yang taqwa akan selalu melaksanakan segala yang diperintahkan Allah  dan selalu menjauhi larangan-Nya. Sifat Taqwa merupakan polisi batin yang dapat menjamin keamanan suatu negara bahkan dunia. Dimana mana akan tercipta keamanan; di jalan para pengemudi akan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak akan ada kebut-kebutan karena hal itu membahayakan jiwa manusia sedangkan hal itu dilarang oleh Allah. jadi di hati para pengendara itu selalu ada nama Alloh. Tidak akan ada maling, tidak akan  ada korupsi, tidak akan ada pembunuhan dan kejahatan yang lainnya. Kalau demikian insya Allah negara kita akan menjadi sebuah negara yang aman–tentram dan sejahtera.
Maka pantaslah janji Allah Swt terhadap orang yang beriman dan bertaqwa yang tercantum dalam QS. Al-A'raf  : 96. yang berbunyi :
ولو أنّ أهل القرى أمنوا واتّقوا لفتحنا عليهم بركات من السماء والأرض ولكن كذّبوا فأخذناهم بماكانوا يكسبون .
Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan  itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.

Orang terdahulu juga banyak yang tidak iman dan taqwa, malah dia membohongkan rasulnya yang akhirnya  bukan barokah yang didapat  malah siksa Allah yang kena dan itu akibat perbuatan mereka sendiri.
Sejauh ini, sebagian dari kita sebagai bangsa indonesia baru sampai taqwa yang terbatas pada merasa diawasi oleh Bapak Polisi, KPK, Jaksa yang kesemuanya itu tidak bisa mengawasi selamanya, karena pengawasan manusia ada lemahnya. Sehingga jangan heran jika hasilnya sebagaimana yang kita saksikan masih jauh dari apa yang kita harapkan.
Untuk itu apabila negara kita ingin menjadi nagara yang aman, negara yang maju bebas dari kejahatan, maka di samping membentuk dan mengaktifkan para petugas keamanan, yang lebih penting lagi mengefektifkan polisi batin yakni taqwa kepada Allah; sikap merasa diawasi oleh Allah.
بارك الله لى ولكم
الحمد لله الّذي هدانا لهذا وماكنّالنهتدي لولا أن هدانا الله من يهد الله فلامضلّ له ومن يضلله فلاهادي له  أشهد أن لاإله إلاّ الله وحده لاشريك له وأشهد أنّ محمّدا عبده ورسوله لانبيّ بعده , صلاته وسلامه على سيّدنا محمّد وعلى أله وصحبه ومن والاه أمّا بعد : فياعباد الله أوصيكم ونفسي بتقوى الله  فقد فاز المتّقون , وتزوّدوا فإنّ خير الزّاد التّقوى . أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ : إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ياَأَيُّهَاالَّذِيْنَ أَمَنُوْا صَلُّْوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا .
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا دِيْنَنَا الَِّذِيْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِنَا وَأَصْلِحْ لَنَا دُنْيَانَا الَّتِيْ فِيْهَا مَعَاشُنَا وَأَصْلِحْ لَنَا أَخِرَتَنَا الَّتِي إِلَيْهَا مَعَادُنَا وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لَنَا فِى كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلْ اْلمَوْتَ رَاحَةً لَنَا مِنْ كُلِّ شَرٍّ  رَبَّنَا أتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار . والحمد لله ربّ العالمين
عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ  وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ  وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar